Ticker

6/recent/ticker-posts

4 Arahan Jokowi-Ma'ruf untuk Menparekraf Sandiaga

Presiden Joko Widodo mengumumkan Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata 
dan Ekonomi Kreatif di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/12). 
Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden


Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno baru saja dipercayakan menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif baru oleh Presiden Jokowi, Selasa (22/12).

Rencananya, Sandiaga bakal dilantik Jokowi, Rabu (23/12) besok, di Istana Negara, Jakarta. Sandiaga menggantikan Wishnutama.

Dalam menjalankan tugas sebagai Menparekraf, Sandi mengaku mendapatkan sejumlah arahan dari Presiden Jokowi.

Arahan pertama dari Jokowi yaitu menggarap lima destinasi super prioritas yang direncanakan sebelumnya. Kata Sandi, Jokowi memintanya agar segera menyelesaikan tugas itu meski di tengah pandemi COVID-19.

"Arahan dari Pak Presiden adalah untuk memastikan lima destinasi super prioritas yang sudah ditunjuk oleh pemerintah bergegas di kala pandemi ini," kata Sandiaga lewat rekaman suaranya yang diterima kumparan, Selasa (22/12).

Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengumumkan menteri baru kabinet
Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/12). Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden

"Siapkan diri mulai dari infrastrukturnya sampai kepada aspek seni budaya, kostum, maupun pernak-pernik yang berkaitan dengan kesiapan destinasi wisata tersebut untuk menjadi destinasi unggulan pasca pandemi COVID-19," tambahnya.

Arahan kedua, Jokowi meminta Sandiaga menyiapkan Calender of Events (COE) yang tentu saja berkaitan dengan lima destinasi super prioritas tersebut.

Baca juga: Happy Ending Sandiaga Uno Susul Prabowo Masuk Kabinet

"Event-event yang berkaitan dengan menarik para wisatawan terutama di saat COVID ini yang bisa mempertahankan jumlah lapangan kerja dan aktivitas ekonomi di sekitar wisata dan ekonomi kreatif," katanya."Calender of Events ini terbagi dari event yang skalanya mungkin kecil untuk mingguan, bulanan dan ada satu event besar skala dunia untuk tahunannya. Event skala dunia ini yang diharapkan menjadi big bang," tambahnya.

Selain itu, Sandi juga menerima arahan dari Wapres Ma'ruf Amin. Pertama, memastikan aspek kesehatan dan keselamatan di tiap-tiap destinasi wisata. Apalagi, di tengah pandemi COVID-19.

Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengumumkan menteri baru kabinet
Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/12). Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden


"Program-program seperti CHSE (Cleanliness, Health, Safety Environment) dilanjutkan secara komprehensif dan strategis. Bapak Wapres juga ingin ekonomi kreatif menjadi lokomotif dari penciptaan lapangan kerja," katanya.

Menurut Sandi, pengembangan ekonomi kreatif bisa menyasar pada gerakan ekonomi rakyat seperti sektor kuliner, fashion dan kriya.

Kedua, ada arahan dari Ma'ruf Amin agar mengembangkan destinasi wisata halal. Sehingga menambah ragam destinasi wisata di Indonesia yang mampu menarik para wisatawan.

"Bapak Wapres juga menambahkan untuk destinasi-destinasi wisata halal dan destinasi wisata religi juga jadi perhatian untuk menggairahkan sektor wisata yang diharapkan bukan hanya bertahan tapi menangkap peluang jadi pemenang," pungkasnya.

Post a Comment

0 Comments

BREAKING NEWS

Cara Terbaik Mendapatkan Bitcoin Gratis Hingga 0.03 BTC

Bitcoin Gratis ~ Bitcoin adalah sebuah mata uang virtual yang penuh dengan misteri, mulai dari pembuatnya yang belum diketahui sampai de...