Ticker

6/recent/ticker-posts

BI Luncurkan Uang Edisi Khusus Rp.75.000 di HUT RI Ke-75

 

Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Keumenkeu) akan mengeluarkan uang rupiah khusus dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-75.

Rencananya, peresmian pengeluaran uang khusus ini dalam rangka peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia, akan digelar pada Senin, 17 Agustus 2020.

Baca Juga: LOWONGAN KERJA NGO ASEAN: Konsultan Desain Grafis untuk ASEAN Science and Technology Fellowship

Peresmian ini akan dilakukan langsung secara virtual oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo.

Berdasarkan informasi sumber dari Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari yang membenarkan peluncuran uang rupiah khusus tersebut, yang diterbitkan bernominal Rp.75.000 dengan jumlah terbatas sekitar 250.000 lembar.

Adapun uang rupiah khusus merupakan uang yang diterbitkan secara khusus oleh Bank Indonesia, dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan tertentu. Uang itu memiliki nilai nominal yang berbeda dari nilai jualnya.

Baca Juga: Khasiat Luar Biasa Daun Bakung untuk Patah Tulang

Uang rupiah khusus terdiri dari koin atau kertas yang tidak dipotong sehingga menyerupai satu lembaran besar yang terdiri dari beberapa lembar uang, atau uang bersambung.

Uang rupiah khusus merupakan alat pembayaran yang sah, namun biasanya tidak digunakan sebagai alat tukar. Uang ini juga merupakan sarana perkembangan numismatika atau uang koleksi di Indonesia.

Setiap edisi dikeluarkan dengan kemasan yang menarik dan unik sehingga sering dijadikan sebagai cinderamata.

Sebelum peluncuran edisi khusus 75 Tahun Indonesia Merdeka ini, Bank Indonesia juga telah beberapa kali pernah menerbikan uang rupiah khusus.

Baca Juga: LOWONGAN KERJA NGO ASEAN: Editor Laporan dan Konten untuk ASEAN Science and Technology Fellowship

Diantaranya ada beberapa contoh uang edisi khusus seperti Seri 25 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Seri Perjuangan Angkatan 45, Seri Save The Children, Seri Cagar Alam dan seri lainnya.

Uang baru untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 ini, akan menjadi Uang Rupiah Khusus terbaru yang diterbitkan oleh Bank Indonesia (BI).

Post a Comment

0 Comments

BREAKING NEWS

Cara Terbaik Mendapatkan Bitcoin Gratis Hingga 0.03 BTC

Bitcoin Gratis ~ Bitcoin adalah sebuah mata uang virtual yang penuh dengan misteri, mulai dari pembuatnya yang belum diketahui sampai de...